KEEFEKTIFAN METODE HERMENEUTIK DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SOPPENG RIAJA KABUPATEN BARRU

ADAM MALIK

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan metode hermeneutik  dalam pembelajaran apresiasi puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru yang berjumlah 160 orang yang terbagi ke dalam empat kelas.  Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purpose random sampling, artinya penentuan sampel dilakukan secara sengaja dengan jumlah yang representatif pada kelas penelitian. Hal ini didasarkan atas pertimbangan keterbatasan waktu, tenaga, dana, dan karakteristik penelitian. Sampel penelitian ditetapkan kelas VIII-2 berjumlah 40 orang sebagai kelas eksperimen dan VIII-4 sebanyak 40 orang sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan mengumpulkan data penelitian adalah teknik tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik statistik inferensial statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  jika guru menerapkan metode hermeneutik, maka  pembelajaran apresiasi puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru meningkat. Hal ini tampak berdasarkan temuan bahwa metode hermeneutik  efektif diterapkan dalam pembelajaran apresiasi puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Hal ini tampak pula pada nilai yang diperoleh siswa, yakni kemampuan siswa pada kelas kontrol belum memadai dengan tingkat ketuntasan hanya mencapai 57,5% yang mampu memperoleh nilai 70 ke atas. Hal ini berbeda dengan kemampuan siswa meningkat pada kelas eksperimen dengan  kategori mampu dengan tingkat ketuntasan mencapai 92,5% yang memperoleh nilai 70 ke atas. Keefektifan strategi ini diketahui pula berdasarkan hasil perhitungan nilai t (tes signifikansi untuk desain 2). Perbandingan hasil kemampuan kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan bahwa nilai t hitung sebanyak 4,29> nilai t tabel 2,02. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima, yaitu metode hermeneutik  efektif diterapkan dalam pembelajaran apresiasi puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru (H1).

Kata kunci: metode hermeneutik, apresiasi, puisi

 

Abstrac

This study was aimed to describe the effectiveness of teaching methods in hermeneutic appreciation of poetry eighth grade students of SMP Negeri 1 Soppeng Riaja Barru . This research was classified into experimental research. The population of this study was overall eighth grade students of SMP Negeri 1 Soppeng Riaja Barru totaling 160 people, divided into four classes. Sampling in this study was used the technique of random sampling purpose, meaning that sampling was done deliberately by the number of the class representative on the study. It was based on the consideration of the limitations of time, effort, money, and study characteristics . The research sample was set of class VIII - 2 of 40 students as a class experiment and VIII - 4 as many as 40 students as the control class. The techniques used to collect research data was a test technique. The data obtained were analyzed by using descriptive statistics and inferential statistics inferential statistics . The results showed that when teachers use hermeneutics method, the appreciation of poetry teaching eighth grade students of SMP Negeri 1 Soppeng Riaja Barru increased. This was evident by the finding that effective hermeneutic method applied in the teaching poetry appreciation eighth grade students of SMP Negeri 1 Soppeng Riaja Barru . It also appeared on the values obtained by the student, the student's ability to control the class was not sufficient to achieve the level of mastery only 57.5 % were able to obtain a score of 70 and above. This was in contrast with the ability of the students increased in the experimental class with category were able to achieve 92.5 % completeness level who scored 70 and above. The effectiveness of this strategy in mind also based on the calculation of the value of t ( test of significance for the design of 2 ) . Comparison of the results of the control and experimental class capabilities was  indicated that as many as 4.29 t value > t table value of 2.02 . This was suggested that the hypothesis of the proposed research was accepted , the hermeneutic method effectively applied in learning poetry appreciation eighth grade students of SMP Negeri 1 Soppeng Riaja Barru ( H1 ) .

Key word: Hermeneutic method, appreciation, poetry

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 1991. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Malang: CV Sinar Baru Bandung.

Aminuddin. 2004. Sekitar Masalah Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.

Arsyad, Maedar G. dkk. 2004. Pengajaran Apresiasi Sastra. Makasar: Depdikbud.

Asri, Aswati. 2007. ”Interpretasi Teks Puisi dalam Antologi Puisi “Sesobek Buku Harian Indonesia” Karya Emha Ainun Nadjib.” Tesis. Makassar: PPs UNM.

Baharuddin. 1999. “Kegiatan Apresiasi Sastra Siswa SMU Negeri 1 Kabupaten Barru: Suatu Tinjauan Deskriptif.” Skripsi. Makassar: FBS, UNM.

Best, John W. 1977. Research in Education. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Bleicher, Josef. 2003. Hermeneutika Kontemporer. Diindonesiakan oleh Ahmad Norma Permata. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Darsinah. 2011. ”Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Murid Kelas V SD Inpres Bertingkat Melayu Kota Makassar.” Tesis. Makassar: PPs UNISMUH.

Eagleton, Tery. 1983. Literary Theory: An Introduction. London: Basil Blackwell.

Fatoni, Surya dan Fatima. 1986. Kesusastraan Indonesia. Semarang: Aneka Ilmu.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda.

Kosasih, dkk., 2005. Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP. Bandung: Pustaka Setia.

Luxemburg, Jan van, dkk. 1984. Pengantar Ilmu Sastra. Diindonesiakan oleh Dick Hartoko. Jakarta: PT Gramedia.

Madison, G.B. 1988. The Hermeneutics of Postmodernity: Figures and Themes. Bloomington and Indianapolis: Indiana University Press.

Nurochmah, Andi. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah (Dipakai dalam Lingkungan Sendiri), Makassar: UNM FIP Jurusan Administrasi Pendidikan.

Pradopo, R. D. 1995. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penada Media Grup.

Seung, T.K. 1999. Semiotic and Thematic in Hermeneutic. Diindonesiakan oleh Mahasiswa PPS UGM 1999. New York: Columbia University.

Sumaryono, E. 1999. Hermeneutika Sebuah Metode Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Surisman. 2010. “Keefektifan Strategi Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Apresiasi Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Gangking Kabupaten Bulukumba.” Tesis. Makassar: PPs UNISMUH.

Syafaruddin dan Nasution. Irwan. 2005. Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching.

Tang, Muhammad Rapi. 2005. Mosaik Dasar Teori Sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Valdes, M.J. 1987. Phenomenological Hermeneutical Hermeneutics and the Study of Literature. London: University of Toronto Press.

Zakaria, St. Nurwahidah. 2011.”Keefektifan Model Saling Mengunjungi (Two Stay Two Stray) dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi Siswa Kelas XII SMK Bajiminasa Makassar.” Tesis. Makassar: PPs UNISMUH.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v1i1.163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.