PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT KALIMAT TANYA MELALUI GAMES JEOPARDY SISWA KELAS V SDN NO.13 ALLU I KECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO

ABDUL TALIB

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membuat kalimat tanya siswa
kelas V SDN No.13 Allu I Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto melalui
penggunaan Model Games Jeopardy.Rancangan Penelitian yang digunakan adalah
rancangan penelitian tindakan kelas. Prosedur pelaksanaan dalam penelitian ini
melalui tahapan-tahapan yang meliputi : Studi pendahuluan, perencanaan,
pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa  data
proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, catatan
lapangan dokumentasi, dan rekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada
tes siklus I, 9 orang atau 36% siswa mendapat nilai≤ 65 dan   16 orang atau 64%
masuk dalam kategori tuntas yaitu memperoleh nilai ≥ 65. Pada tes siklus II, 4
orang atau 16% siswa mendapat nilai ≤ 65 dan  21orang atau  84% siswa  masuk
dalam kategori tuntas mendapat nilai ≥65 penerapan model Jeopardy dapat
meningkatkan frekwensi keaktifan dan aktivitas dalam proses belajar mengajar
sesuai dengan pengamatan sikap siswa dalam pelaksanaan tindakan kelas pada
siklus I dan siklus II. Untuk Peningkatkan kemampuan membuat kalimat tanya
siswa, maka diharapkan guru dapat menerapkan model Games Jeopardy sebagai
salah satu alternatif  dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Kata kunci:Peningkatan, kemampuan, kalimat tanya, Games Jeopardy
Abstract
The objective of the study  was to improve the ability of make Question Sentence
By Jeopardy Games Students Of Grade V SDN No.13 Allu I Bangkala Subdistrik
Jeneponto Regency by Jeopardy Games.The design of the study used classroom
action  research.The procedure of the research was done through some steps they
were: planing, actuating, observation, and reflection. The data of the study were
the research process and the result of the action that were gained from the result
of observation, interview,  anecdotal notes, documentation, and recording
process. The result of the study showed that the tes in cucle I,  there were   9
students or  36% got score ≤ 65  and  were 16 students or 64 %   categorized
matery that got score ≥ 65. The tes in cycle II, there were 4 students or  16% got
score ≤ 65  and were 21 students or 84 %  categorized matery that got score ≥
65. The Implemen-tation of Jeopardy Games were able to improve  the students
attitude during the implementation of the classroom action research in cycle I and
cycle II. To Improve the ability of the student to make question sentence, the
teacher should be able to apply Jeopardy Games as one alternative in learning
Indonesian.
Keyword:Imrovement,Abilitiy,Question Sentence,Jeopardy Games

Full Text:

PDF

References


Alisjahbana,S.T. 1983. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jilid I. Jakarta : Dian Rakyat.

Arikunto,S,dkk .2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bodrogini, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan Teknologi dan Komunikasi .Jakarta : DBE 2

Cahyono.1994. Kristal-Kristal Ilmu Bahasa. Malang:Airlangga University Press.

Darmawan,Deni. 2011.Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Hamalik.1991. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Muslich,M.1990. Tata Bahasa Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Malang: Yayasan Asah Asih Asuh.

Rahim. 2010. Bahasa dan Berbahasa. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sudding , 2011. Penerapan Metode Sinectic dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Indonesia Siswa kelas IV SD Inpres 12 Pude Kabupaten Bone.PTK : Kabupaten Bone. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Program PascaSarjanan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Susilo.2009. Ilmu Bahasa Sintaksis.(online)(http:// www. susilo.edi.setiawan.com) diakses 30 April 2012).




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v1i1.160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.