INTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER KEAGAMAAN ISLAM PADA BAHASA INDONESIA MELALUI MATERI PEMBELAJARAN PENYIMPULAN PIKIRAN, PENDAPAT DAN GAGASAN DALAM WAWANCARA DI SMA NEGERI 2 MAJENE SULAWESI BARAT

Mujizatullah Mujizatullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai Integrasi Nilai Nilai Karakter Keagamaan Dalam Bahasa Indonesia melalui Materi Pembelajaran Penyimpulan Pikiran, Pendapat dan Gagasan dalam wawancara Di SMA Negeri 2 Majene Sulawesi Barat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada Kepala Sekolah dan guru Bahasa Indonesia. Penelitian menemukan Integrasi nilai-nilai karakter keagamaan adalah dengan mengintervensi atau menanamkan nilai-nilai karakter Keagamaan pada materi tersebut diatas melalui langkah-langkah pembelajaran mulai dari kegiatan awal, inti dan penutup. Nilai-nilai karakter Keagamaan yakni Aqidah Penanaman keyakinan kepada Allah dalam zat Nya, sifat dan asma Allah), keyakinan kepada kitab Allah, penanaman keyakinan terhadap malaikat, keyakinan kepada Nabi dan Rasul dan Akhlak  meliputi  sifat Shiddiq, yang berarti jujur. Nabi dan Rasul selalu jujur dalam perkataan dan perilakunya;  Amanah, yang berarti dapat dipercaya dalam kata dan perbuatannya;  Tabligh, yang berarti menyampaikan kebenaran kepada umat manusia; dan Fathanah, yang berarti cerdas atau pandai, sehingga dapat mengatasi semua permasalahan yang dihadapinya.


Full Text:

PDF

References


Arifin, E. Zaenal dan Tasai S. Amran.2009Cermat Berbahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta:Akademika Pressindo.

Azra, Azyumar. 2012. Pendidikan Karakter Teguhkan Pribadi Bangsa. Makalah. Disajikan di UNNES Semarang, Minggu 23 September 2012.

Finoza, Lamuddin. 2002.Komposisi Bahasa Indonesia.Cetakan ke-8. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Gede Raka, 2012. Pendidikan Moral dan Spiritual Dalam Membangun Karakter Bangsa (Analisis Kitab Nashoihul ‘Ibad Karya Syaikh Nawawi (I-Bantani ) Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Jakarta.

Gunawan, Heri. 2012, Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi, Bandung : Alfabeta.

Hasbalah, 2013. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Keraf, Gorys. 2004.Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Flores: Nusa Indah.

Kemendiknas, Balitbang Pusat Kurikulum dan Perbukuan 2011.

Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, Masnur dan I gusti Ngurah Oka. 2010. Perencanaan Bahasa pada Era Globalisasi. Jakarta: Bumi Aksra.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slamet, St. Y.. 2007. Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: LPP UNS dan UPT.

Sungkowo, 2014. Panduan Pencegahan dan Penanggulangan Penyimpangan Perilaku Siswa Sekolah Menengah Atas, Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Jakarta.

Wibowo, Wahyu.2001.Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v5i1.1333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.