KINERJA PELAYANAN PEGAWAI NEGERI SIPIL DI SEKRETARIAT PEMERINTAH KABUPATEN ENREKANG

khaeriah Muh Diar, Muhlis Madani, Fatmawati Fatmawati

Abstract


The purpose of this research is to describe and explain the service performance of civil servants in the Government Secretariat in Enrekang Regency. The type of research is quantitative descriptive which describe the service performance of the employee. The respondent of the research are 63 employees selected by random sampling techniques. Techniques of the data collection use questionnaire and observation of the respondent. Analsys of the data use frequency tables. The results of this research are demonstrated by the highest percentage of the total fixed of the service performance employee with the percentage is 82.5 percent. There are inhibiting factors and supporting factors of the  service performance employee. Inhibiting factors are quality of work, punctuality and discipline while supporting factors are motivation and work ability.

 

Keywords: performance, services, employee

                              

 Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan kinerja pelayanan pegawai negeri sipil di Sekretariat Pemerintah Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif yang menjelaskan bagaimana kinerja pegawai terhadap pelayanan. Responden sebanyak 63 pegawai yang dipilih secara sampling acak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan tabel frekuensi. Hasil penelitian ini dibuktikan dari persentase tertinggi yang tertuju pada uraian total frekuensi jadwal pelayanan pegawai  dengan persentase tinggi 82,5 persen. Ada faktor pendukung dan penghambat pada kinerja pelayanan pegawai. Faktor penghambat yaitu kualitas kerja, ketepatan waktu dan kedisiplinan sedangkan faktor pendukung kinerja pelayanan pegawai yaitu motivasi kinerja dan kemampuan kerja.

 

Kata kunci: kinerja, pelayanan, kepegawaian


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ma’ruf. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kerja. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Hartini, Kadarsih dan Tedi Surajat. 2014. Hukum Di Indonesia. Jakarta: Refika Aditama.

Surjadi. 2012. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: PT Rapika.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Sinar Dunia.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Evaluasi Kinerja. Bandung: Refika Aditama.

Moehoriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Grafindo Persada.

Prawirosentono, Suryadi. 2008. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.

Wirawan. 2009. Evaluasi kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Prasindo.




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v1i2.696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 KOLABORASI : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK



 

 

______________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats
 
Flag Counter