STUDI KOMPARASI STRATEGI PEMBELAJARAN CARTOON CARD DENGAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III

Dina Puspitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan motivasi belajar Matematika antara penerapan strategi pembelajaranCartoon Card dengan Course Review Horay pada siswa, 2) strategi mana yang lebih besar pengaruhnya terhadap motivasi belajar Matematika antara strategi pembelajaran Cartoon Card dengan Course Review Horay pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diambil adalah siswa kelas III.1 dan III.2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya dilakukan analisis prasyarat menggunakan uji normalitas. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: 1) tidak terdapatperbedaan motivasi belajar Matematika antara penerapan strategi pembelajaranCartoon Card dengan Course Review Horay pada siswa kelas 3 SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta yang dibuktikan dengan thitung < ttabel, yaitu 0,78 < 2,301 dan nilai probabilitas 0,938 > 0,05, 2) strategi pembelajaran Cartoon Cardsetarapengaruhnya dengan Course Review Horay terhadap motivasi belajar Matematikapada siswa kelas 3 SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta dan dibuktikan dengan skor rata-rata motivasi belajar Matematika kelas 3.1yang tidak berbeda secara signifikan dengan kelas 3.2, yaitu adalah 91,80 – 91,60 = 0,20.

 

This study aims to determine: 1) the difference of learning motivation Mathematics between the implementation of learning strategy Cartoon Card with Course Review Horay on students, 2) Which strategy is greater influence on learning motivation Mathematics between learning strategy Cartoon Card with Course Review Horay on students. This research is a quantitative experimental research.
The population in this study were all students of SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta. The sampling technique used is purposive sampling. Samples taken are students of class III.1 and III.2. Data collection techniques used are questionnaires and documentation. Data analysis technique used is t test which previously conducted prerequisite analysis using normality test. Result of data analysis with 5% significance level obtained: 1) there is no difference of learning motivation Mathematics between applying of learning strategy Cartoon Card with Course Review Horay at grade 3 student of SD Kleco 1 No.7 Surakarta which proved by t count <ttabel, that is 0,78 < 2,301 and probability value 0,938> 0,05,2) Cartoon Cards teaching strategy shears with Course Review Horay to motivation learn Mathematics in grade 3 of SD Kleco 1 No.7 Surakarta and proved by average score of motivation learn Mathematics class 3.1 which is not different significantly with class 3.2, ie is 91.80 - 91.60 = 0.20.


Keywords


Cartoon Card, Course Review Horay, motivasi belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


DePorter, Bobbi, dkk. 2000. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Faisal, dkk. 2013. Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Cartoon Art(online), (http:// mpcartoonart.blogspot.com/2013/07/model – pembelajaran – kontekstual-berbasis.html, diakses pada tanggal 26 Januari 2014).

Galuh E.P. 2012. “Studi Komparasi Hasil Belajar Matematika Antara Pembelajaran Strategi Course Review Horay dengan Index Card Match pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sambeng 1 Tahun Ajaran 2011/2012” (skripsi). Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hagane, Ginga. 2011. What percent of children watch cartoon (online), (http://wiki.answers.com/Q/What_percent_of_children_watch_cartoon&isLookUp=1, diakses pada tanggal 4 Februari 2014)

Hasbullah. 2009. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Jonny. 2009. Mengapa Anak Kecil Suka Bermain (online),(http://id.answer.yahoo.com/question/mengapa-anak-kecil-suka-bermain.html, diakses pada tanggal 4 Februari 2014)

Saring, dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik.Surakarta: BP-FKIP UMS

Surtikanti & Susanto, J. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: BP-FKIP UMS

Widiyanto, Joko. 2010. SPSS for Windows untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.