PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Mirnawati Mirnawati, Muhammad Basri

Abstract


Kecerdasan emosi terhadap pembelajaran matematika ada suatu kemampuan untuk mengendalikan emosi diri mengola dan mengekspresikan emosi terhadap orang lain, kecerdasan emosi sangat diperlukan untuk memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakahada pengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematikapeserta didik, dan mengubah pandangan peserta didik tentang pelajaran matematika. Penelitian ini meruapakan penelitian ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas tinggi yang berjumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 5 peserta didik dari tiga kelas paralel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari grafik regresi bahwa titik-titik yang tersebar mendekati garis regresi dan  searah miring dengan garis regresi. Nilai koefisien determinan (r2) yang diperoleh sebesar 0,229 yang menandakan bahwa faktor kecerdasan emosional memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika sebesar 22,9% selebihnya 77,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil analisis regresi diperoleh nilai konstan sebesar 39,993 koefisien regresi untuk vareiabel kecerdasan emosi sebesar 0,229, sehingga diperoleh persamaan regresi sederhana Y= 39,993 + 0,229X. Berdasarkan hasil tersebut maka kesimpulan dapat diambil adalah peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi akan lebih terampil dalam menenangkan diri dan memusatkan perhatian dalam memahamai materi pelajaran.  Kegiatan ini sangat penting utamanya bagi guru untuk mengetahui keesulitan peserta didik. Hal ini sejalan dengan kemampuan guru untuk lebih mengenal karakter peserta didik.

Emotional intelligence to the learning of mathematics there is an ability to control self-emotion mengola and express emotions to others, emotional intelligence is needed to understand the lessons conveyed by the teacher. This study aims to determine whether there is a positive influence between emotional intelligence on mathematics learning outcomes and students, and change the views of learners about math lessons. This research is an ex-post facto research. The subjects of this study were high school students who numbered 30 students consisting of 5 students from three parallel classes. The results of this study indicate that there is a positive influence between emotional intelligence on mathematics learning outcomes. It can be seen from the regression graph that the dots are scattered near the regression line and in the same direction with the regression line. The value of determinant coefficient (r2) obtained by 0.229 indicating that the emotional intelligence factor gives effect to the learning result of mathematics equal to 22,9% 77,1% is influenced by other factor. Regression analysis results obtained constant value of 39.993 regression coefficient for vareiabel emotional intelligence of 0.229, so obtained a simple regression equation Y = 39.993 + 0.229X. Based on these results, the conclusions can be drawn are learners who have high emotional intelligence will be more skilled in calming down and focusing attention in comprehending the subject matter. This activity is very important especially for teachers to know keesulitan learners. This is in line with the ability of teachers to be more familiar with the character of learners


Keywords


kecerdasan emosional, hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Agustian, A.G. (2001). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, ESQ: Emotional Spiritual Quotient berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga Wijaya Persada.

Efendi,A. (2005). RevolusiKecer- dasanAbad21Kritik MI, EI, SQ, AQ, danSuccessfulIntelligence AtasIQ.Bandung: Alfabeta.

Goleman, D. (2015). Emosioanal Intelegense. Penerjemah: T. Hermaya. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hamzah B.U. (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hudojo, H. (1990). Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang : IKIP Malang.

Nggermanto A. (2001). Quantum Quotient: Kecerdasan Quantum, Cara Praktis Melejitkan IQ, EQ, dan SQ yang Harmonis. Bandung: Nuansa.

Prihandoko, A.C. (2006). Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikannya dengan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Riheni, P. (2013). “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika pada Peserta didik Kelas V Se-Kecamatan Prembun” Abstrak Hasil Penelitian UNS.Surakarta.

Sujana N. (1994). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Bandung.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soedjadi. (2007). Masalah Kontekstual Sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Surabaya: Pps UNESA.

Syah,M.(2013). PsikologiPen- didikan dengan Pedekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.

Tajuddin. (2004). Komparasi Prestasi Belajar Matematika antara Metode Pemecahan Masalah dan Metode Ekspositori dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Peluang pada Siswa Kelas II SMU Negeri I Takalar. Skripsi. Makassar: FMIPA UNM.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.