APLIKASI ASESMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GELOGOR

Mansur S

Abstract


Penelitian kualitatif ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya kelas IV SD Negeri Gelogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru mengaplikasikan asesmen dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Gelogor sebagai suatu upaya meningkatkan efektivitas pelaksanaan evaluasi di sekolah dasar. Untuk mencapai tujuan ini diperlukan data empirik yang diperoleh dari kelas yang diberi tindakan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan evaluasi. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data di lapangan.  Pengamatan dilakukan secara ongoing proses, saat guru melakukan tindakan pembelajaran IPA. Hasil yang diperoleh adalah sebelum guru melaksanakan asesmen terlebih dahulu membuat rancangan alat evaluasi bersamaan dengan rancangan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Kemudian saat pembelajaran berlangsung guru melaksanakan rancangan alat evaluasinya. Dalam pelaksanaan pembelajaran  IPA tersebut guru berhasil melaksanakan asesmen dalam bentuk a) penilaian proses, b) portofolio, c) wawancara dan diskusi, dan d) tes formatif.

 


Keywords


Asesmen, Pembelajaran IPA.

Full Text:

PDF

References


Anthony, R.J. dkk. (1991). Evaluating Literacy A Perspective for Change. Toronto, Canada: Irwin Publishing.

Depdikbud. (1994). Pedoman Pelaksanaan Penilaian di Sekolah Dasar.

IKIP Malang, (1996). Petunjuk Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan Keguruan Program Diploma II Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Malang: IKIP Malang.

Iskandar, S.M. (1997). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Depdikbud.

Latief, M.A. (1997). Assesment dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Makalah pada Seminar Pengajaran bahasa SD, PPS. IKIP Malang.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohandi Rihidi. Jakarta: UI Press.

Moleong, L.J. (1994). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rofi’uddin, A., & Darmiyati, Z. (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud.

Tantra, D.K. (1997). Penelitian Tindakan: Konsep Dasar dan Pelaksanaan. Singaraja: P3M STKIP Singaraja.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.