PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ahmad Ali Akbar, Tarman Tarman

Abstract


Penggunaan media gambar sangat membantu untuk meningkat­kan hasil belajar siswa, Karena melibatkan  seluruh potensi yang dimiliki oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui pengaruh penggunaan Media gambar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia, Karna hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sungguminasa III Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa tergolong rendah dengan nilai 6,83. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental dengan jenis one group pre test-post test design. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes. Data yang dikumpul akan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif jenis uji t-tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar pada proses pembelajaran pada hasil belajar berpengaruh. Hal ini tampak pada tingkat kemampuan siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran yaitu hanya mencapai 6,83, selanjutnya setelah menggunakan media gambar pada proses pembelajaran mencapai nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 16,35. Hal ini berarti bahwa tingkat kemampuan siswa meningkat. Pengaruh media gambar dalam proses pembelajaran diketahui pula berdasarkan hasil perhitungaan uji t. Hasil penelitian diperoleh, tHitung= 16,41 dan tTabel= 3,792 maka t Hitung ≥ tTabel atau 16,41≥ 3,792. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima. Ini berarti bahwa penggunaan media gambar dapat memberi pengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia.

 

The use of image media is very helpful to improve student learning outcomes, because it involves all the potential possessed by students. The purpose of this study to mengatahui effect of the use of media images of learning outcomes Indonesian, Karna student learning outcomes fourth grade SD Negeri Sungguminasa III Somba Opu District Gowa is low with a value of 6.83. The type of research used is pre experimental with type one group pre test-post test design. The technique used to collect data is a test technique. The collected data will be analyzed using descriptive statistical technique of test t-test type. The results of this study indicate that the use of image media on the learning process on learning results have an effect. This is seen in the level of students' ability before using the learning method that is only reached 6.83, then after using the media images on the learning process to reach the average value obtained for 16.35. This means that the level of student ability increases. The influence of image media in the learning process is also known based on the results of t test calculation. The results obtained, t = 16.41 and tTable = 3.792 then t Count ≥ tTable or 16.41 ≥ 3.792. So it can be concluded that Ho is rejected and Ha accepted. This means that the use of image media can have an effect on improving students' skills in Indonesian language.


Keywords


Metode Pembelajaran, Diskusi Kelompok, Berbicara

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. (2013). Teori belajar dan pelajaran di sekolah dasar. Jakarta: kencana.

Ali, M. (1987). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Arfah. (2001). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: yrama widya.

Arif. (1984). Media Pengajaran. Jakarta: Depdikbud.

Basuki, W. (1992). Media Pengajaran. Jakarta: Depdikbud.

Depdikbud. (1998). Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdikbud.

Fullan, M.G. (2007). The new meaning of educational change (4th ed.). New York, NY: Teachers College Press, Columbia University.

Hudojo, H. (1990). Strategi Belajar Mengajar. Malang: IKIP Malang.

Kustandi, dkk. (2013). Media pembelajaran. Bogor: ghalia indonesia.

Umadi. (2001). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Utami. (2000). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Raharjo. (1991). Media pembelajaran. Bandung: yrama widya

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulfasyah, Haig, Y., Barratt-Pugh, C. (2015). Indonesian teachers’ implementation of new curriculum initiatives in relation to teaching writing in lower primary school. International Journal of Education, 7(4), 53–72.

Tegeh, I.M. (2008). Media pembelajaran. Bogor: ghalia indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.