PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Rusni Rusni, Agustan Agustan

Abstract


Kedisiplinan belajar merupakan hal yang penting dalam  belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubugan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Menggunakan metode ex post facto  karena eksistensi dari variabel yang diteliti telah terjadi. Hasil penelitian menggunakan analisis statatistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil kedisplinan siswa adalah 72,22 dan tergolong cukup tinggi, rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 77,97 tergolong tinggi. Hasil penelitian mengunakan korelasi Pearson Product Moment  menunjukkan nilai rhitung  0,799 lebih besar dari nilai rtabel untuk n = 36 yaitu 0,329berarti terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar yang menjadi populasi. Hasil uji signifikan dengan α 5 % diperoleh thitung7,746 lebih besar dari ttabel 1,691, ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa di SD Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar. Pada hakekatnya kedisiplinan adalah hal yang dapat dilatih. Penelitian ini dapat menjadi acuan dalam melatih kedisiplinan siswa. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah membiasakan anak untuk mengaktifkan diri dengan nilai-nilai moral untuk  memiliki dan mengembangkan disiplin diri. Hal ini sesuai dengan teori Shochib.

 

Discipline learning is an important thing in learning. This study aims to find out the hubugan discipline of learning on student learning outcomes mathematics. Using the ex post facto method because the existence of the variables studied has occurred. The result of the research using descriptive statistical analysis showed that the average of disciplinary result of students was 72.22 and quite high, the average of students' mathematics learning result was 77,97 was high. The result of the research using Pearson Product Moment correlation shows the value of rs 0,799 bigger than rtabel value for n = 36 that is 0,329 mean there is influence of learning discipline to student learning result at SD Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar become population. Significant test results with α 5% obtained tcount 7.746 greater than t table 1.691, this means there is a significant effect of learning discipline on student learning outcomes in Elementary School Nusa Harapan Permai Makassar City. In essence, discipline is something that can be trained. This research can be a reference in training student discipline. One of the things that can be done is to familiarize children to activate themselves with moral values to own and develop self-discipline. This is in accordance with Shochib's theory.


Keywords


Discipline, Mathematics Learning Outcomes, Primary School

Full Text:

PDF

References


Anas, M., Kusmayadi, T. A., & Suyono, S. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Pairshare Modifikasi Penemuan Terbimbing Berbantuan Microsoft Power Point Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Kedisiplinan Belajar. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3500

Aqib, Z. (2011). Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya

Baharuddin. (2010). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualaitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hamalik, O. (2010). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Yudhawati, R., & Dany, H. (2011). Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Kompri. (2014). Manajemen Sekolah Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Mahardika, T. B. (2011). Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar Anak Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sulursari Tahun Ajaran 2010/2011 (Doctoral dissertation, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta).

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pidarta, M. (2014). Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Saputro, E. (2015). Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Wironanggan 01 Tahun 2014/2015 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Safitri, D. (2012). Pengaruh Kedisiplinan Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 3 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Siregar, S. (2012). Statistika Deskriptif untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Rajawali Pers

Shochib. (2000). Pola Asuh Orangtua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistyani, A.T (ed,). (2011). Memahami Good Governance dalam Perspektif Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gava Media

Suryabrata, S. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suryabrata, S. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Wahyuni, E.R. (2014). Pengaruh Disiplin Menyeleaikan Tugas dan Rasa Ingin Tahu Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika di Kelas V SD Negeri 2 Sokanegara Tahun Pelajaran 2013/2014. ((Doctoral dissertation, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta).




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.