Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Langsung (Direc Instruction) Dengan Teknik Multilevel Learning Pada Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 12 Makassar

Hasmah Hasmah

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas X MIA1 SMA Negeri 12Makassar Pada semester ganjil tahun ajaran 20016/20017 yang terdiri dari 36 orang pesrta didik, yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat kegiatan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini diambil dari data tentang hasil belajar fisika setiap akhir tes siklus I dan II dan data tentang aktivitas belajar setiap pertemuan pada siklus I dan II dilakukan dengan menggunakan lembar observasi peserta didik.Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kuantitatif data hasil belajar fisika menunjukkan bahwa jumlah peserta didik yang mengalami ketuntasan belajar pada siklus I adalah 10 orang (21,73%) dan pada siklus II meningkat menjadi 34 orang (73,91%). Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar fisika peserta didik kelas X MIA1 SMA Negeri 12Makassar .Peningkatan tersebut diperoleh setelah terjadi perubahan tindakan pada tahap IV (Peserta didik yang memperhatikan saat pelaksanaan demonstrasi), tahap VI Peserta didik yang memperhatikan saat guru memberikan bimbingan) serta tahap IX (Peserta didik yang menanggapi jawaban dari peserta didik yang lain).

Kata Kunci: Hasil belajar Fisika, Aktivitas Belajar, Tekhnik Multilevel Learning.

This research is a classroom action research(classroomactionresearch),which aims to determine the learning outcome physics among students of class X MIA1 SMA Negeri 12 Makassar In the first semester of the academic year 20016/20017 consisting of 36 people pesrta students, consisting of 16 men and 20 women. This study was conducted in two cycles each consisting of four activities: planning, action, observation and reflection. Collecting data in this study were drawn from data on physics learning outcomes of each end of the test cycle I and II and the data on learning activities every meeting in the first cycle and the second is done by using observation sheet learners. Data was analyzed quantitatively and qualitatively. The results of the quantitative analysis of physics learning outcomes data show that the number of students who have mastery learning in the first cycle was 10 (21.73%) and the second cycle increased to 34 (73.91%). The results of the qualitative analysis shows that there is increased activity of students studying physics class X MIA1 SMA Negeri 12 Makassar .Peningkatan were obtained after a change in action on stage IV (Learners who watched as the implementation of demonstration), phase VI Learners pay attention when the teacher gives guidance) as well as the phase IX (learners respond to the answers of other learners).

Keywords: physics learning outcomes, Learning Activities, Engineering Multilevel Learning.


Full Text:

PDF

References


Slameto.2003.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Sagala, Saiful.2003.Konsep Dan Makna Pembelajaran.Bandung:Alfabeta.

Ekawarna.2009.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Gaung Persada Pers.

Nurhadi, dkk.2004.Pendekatan Konstektual dan Penerapannya dalam KBK.Surabaya:Universitas Surabaya.

Zaini, Hasyim.2008.Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta:Pustaka Insan Madani.

Yamin,M.2007.Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP.Jakarta: Gaung Persada Pers.

Nistains Van.2005.Multilevel Marketing.Yogyakarta:Andi Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v5i3.851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.