Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MIA di SMA N 2 Takalar

Fifi Angrasari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto bersifat analisis korelasional dengan tujuan untuk mendeskripsikan tingkat gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik dan hasil belajar fisika yang dicapai peserta didik kelas X MIA di SMA Negeri 2 Takalar serta hubungan antara kedua variabel tersebut. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMA Negeri 2 Takalar, dengan sampel Penentuan jumlah sampel penelitian berdasarkan teknik random sampling dan perhitungan sampel minimum menggunakan nomogram Harry King sebanyak 50 responden.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji korelasi product moment. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat gaya belajar peserta didik didominasi oleh gaya belajar visual,kemudian auditorial dan kinestetik, tingkat hasil belajar fisika peserta didik berada pada kategori rendah, dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIA di SMA Negeri 2 Takalar.

Kata Kunci: Gaya belajar, Hasil belajar fisika


This research is an ex-post facto research is a correlational analysis with the aim to describe the level of visual, auditorial and kinesthetic learning style and physics learning achievement achieved by X class MIA students in SMA Negeri 2 Takalar and the relationship between the two variables. population in this study is all class X MIA SMA Negeri 2 Takalar, with sample Determination of the number of research samples based on random sampling technique and the calculation of minimum samples using Harry King nomogram as much as 50 respondents.Teknik data analysis used is descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis including normality test, linearity test and product moment correlation test. From the result of the research, it can be concluded that the level of learning style of learners is dominated by visual learning style, then auditorial and kinestetik, the level of physics learners learning outcomes are in low category, and there is a significant positive relationship between learning styles with physicslearning outcomes of students class X MIA in SMA Negeri 2 Takalar.

Key words: Learning style,physics achivement

Full Text:

PDF

References


Gufron, M. N., & Risnawita, R. S. 2013. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 2015. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Gunawan, Harjono, A, Imran. 2016. Pengaruh multimedia interaktif dan gaya belajar terhadap penguasaan konsep kalor siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol 12, hal 118-125. doi: 10.15294/jpfi.v12i2.3050.

Agustina Riza. 2017. Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasyah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang. Skripsi tidak diterbitkan. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Baso Intang Sappaile. 2010. Konsep Penelitian Ex-Post Facto. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 2,

Siregar Syofian. 2015. Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Riduwan. 2012. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v6i2.1310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.