Pengintegrasian Pendidikan Karakter Keagamaan pada Pembelajaran Hakikat Ilmu Fisika dan Keselamatan Kerja di Laboratorium Madrasah Aliyah Puteri Aisyiah di Palu

Mujizatullah Mujizatullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengintegrasian  pendidikan karakter keagamaan pada pembelajaran hakikat ilmu fisika dan keselamatan kerja di laboratorium, faktor pendukung dan penghambat  di Madrasah Aliyah Puteri Aisyiah Palu. Hasil penelitian pengintegrasian pendidikan karakter keagamaan pada mata pelajaran fisika melalui pembelajaran hakikat ilmu fisika dan keselamatan kerja di laboratorium dengan melakukan intervensi atau menanamkan nilai-nilai karakter keagamaan shiddiq, amanah, tabligh dan fathanah, akidah, akhlak, ibadah dan berwawasan luas ,  pada materi fisika yang diajarkan.  Metode Pembelajaran menggunakan pendekatan Proses Ilmiah dengan metode Diskusi untuk memahami hakikat ilmu fisika dan keselamatan kerja di laboratorium. didukung oleh manajemen madrasah berbasis pesantren yang semua peserta didik diasramakan yang berasal dari 10 kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah. Faktor penghambat didalam mengimplementasikan pendidikan karakter diantaranya masih terdapat guru mengajar yang tidak sesuai dengan kompetensi guru professional atau guru yang mengajar tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang sebenarnya.

Kata kunci: Pengintegrasian, Pendidikan Karakter Keagamaan, MA Palu

 

The research aimed to describe the intergration of religious character in physics and safety in the laboratory, enabling and inhibiting factor in Aisyah puteri islamic high school Palu. The finding of intergration of religous character in physics through the nature of learning physics and safety in the laaboratory by intervening or instilling the value of shiddiq, amanah, tabligh, fathanah, akhlak, ibadah and insghtful, the physics material was taught. Learning method used preocess approach scientific discussion method to understand on the nature physics and safety in the laboratory. Supported management based islamic school that all learners were were boarded from ten dictricts in central sulawesi province. The obstacle factor in inplementation charcter education such as the teacher ang the professional compence of teachers was not suitable with actual educational qualifacations

Keywords: Intergration,Religion Character Education, MA Palu

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Abdul Rahman Saleh. 2005. Teori-Teori Pendidikan berdasarkan Al-Quran (terj.) dari Educational Theory a Quran Outlook Cet. III. Jakarta : Rineke Cipta.

Bogdan, C.& Sari Knopp Biklen. 1982. Qualitative Research for Education. Boston : Allyn and Bacon Inc.

Fatuchurrahman, Nanang. 2012. Madrasah Sekolah Islam Terpadu, Plus dan Unggulan. Cet.II. Depok : Lentera Hati Pusaka.

Gede Raka. 2012. Pendidikan Moral dan Spiritual Dalam Membangun Karakter Bangsa (Analisis Kitab Nashoihul ‘Ibad karya Syaikh Nawawi I, Bantani) Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Jakarta.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakater Konsep dan Implementasi, Bandung : Alfabeta

Hasballah. 1999. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kesuma, Dharma ,dkk. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Cetakan III. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Marzuki, 2009,Prinsip Dasar Akhlak Mulia: Pengantar Studi Konsep-konsep Dasar Etika dalam Islam. Yogyakarta: Debut Wahana Press-FISE UNY.

Muslich, Manur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional , Jakarta : Bumi Aksara.

Nury, Firdausi. 2012. Pendidikan Moral dan Spiritual dalam Membangun Karakter Bangsa (Analisis Kitab Nashoihul ‘Ibad karya Syaikh Nawawi I.Bantani ) Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Jakarta.

Prawiroatmojo, Dendasurono, dkk. (ed).1987. Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Sekolah Menengah Atas, Jakarta : P & K Dikdasmen Depdikbud.

Poedjiadi, A. (2005). Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Rosdakarya.

Sahlan, Asmaun dan Angga Teguh Prasetyo. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta : Ar.Ruzz Media.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata,dkk. 2008. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah .(Konsep, Prinsip dan Instrumen). Banfung : tefika Aditama.

Sungkowo, 2009. Panduan Pencegahan dan Penanggulangan Penyimpangan Perilaku Siswa Sekolah Menengah Atas , Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Jakarta.

Tim Peneliti Balai Litbang Agama Makassar. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter di Kawasan Timur Indonesia. Makassar : Balai Litbang Agama




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v6i2.1292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.