PENINGKATAN KUALITAS GURU-GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENGGUNAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN QUIZ CREATOR DI KABUPATEN BARRU

Ma'Ruf Ma'ruf, A. Husniati

Abstract


Kegiatan IbM guru-guru SMP melalui pelatihan pembuatan evaluasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dengan menggunakan program quiz creator di Kabupaten Barru merupakan bentuk kegiatan pengabdian pada masyarakat yang orientasi kegiatannya pada bidang pendidikan. Bentuk kegiatannya meliputi: persiapan yang terdiri dari 1) identifikasi sasaran pembelajaran yang difokuskan pada guru-guru SMP yang belum berpengalaman dalam evaluasi pembelajaran yang berbasis teknologi informasi, 2) tahap pelaksanaan yaitu pelatihan pembuatan evaluasi pembelajaran berbasisi teknologi informasi dengan menggunakan program Quiz Creator, 3) tahap pelaporan. Dengan program ini guru-guru dengan mudah dapat mendesain dan menyusun sendiri bentuk-bentuk latihan, ujian, ataupun pemberian kuis kepada siswanya yang menarik, interaktif, dan transparan. Quiz Creator merupakan perangkat lunak untuk pembuatan soal, kuis atau tes secara online (berbasis web). Penggunaan Wondershare Quiz Creator dalam pembuatan soal tersebut sangat familiar/user friendly, sehingga sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan kemampuan bahasa pemrograman yang sulit untuk mengoperasikannya. Hasil soal, kuis dan tes dibuat/disusun dengan perangkat lunak ini dapat disimpan dalam format Flash yang dapat berdiri sendiri (stand alone) di website.

Adapun indikator pencapaian target dan luaran dari IbM guru-guru SMP melalui pelatihan pembuatan evaluasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dengan menggunakan program quiz creator di Kabupaten Barru adalah meningkatkan kualitas guru-guru dalam pembuatan evaluasi pembelajaran berbasis teknologi informasi, mampu mengembangkan evaluasi pembelajaran berbasis teknologi informasi, dan mampu mengaplikasikan program Quiz Creator untuk kebutuhan evaluasi pembelajaran di sekolah.


Keywords


evaluasi pembelajaran, quiz creator, kompetensi teknologi informasi

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2011. Prinsip Dasar, Tujuan, Fungsi, Teknik, Prosedur Evaluasi Pendidikan. Diunduh tanggal 30 Maret 2012 dari http://sylvie.edublog.org.

Anonim. 2011. Evaluasi, Pengukuran, Tes, dan Penilaian (Tujuan, Pendekatan, dan Ruang Lingkupnya). Diunduh tanggal 30 Maret 2012 dari www.wikiberita.net.

Rahmat Ha Pe. 2011. Syarat-Syarat Alat Ukur Hasil Belajar. Diunduh tanggal 30 Maret 2012 dari www.blog-indonesia.com.

Salsabilla, Farri. 2011. Pengertian dan Konsep Penilaian, Evaluasi, dan

Assessment. Diunduh tanggal 30 Maret 2012 dari http://faesalsabilla.blogspot.com/

Sulaeman. 2011. Evaluasi PAN dan PAP. Diunduh tanggal 30 Maret 2012 dari http://sulaemaneman.blogspot.com/

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Eko Putro Widoyoko. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 BERKEMAJUAN : JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter