PENGEMBANGAN HOME INDUSTRI DAMPO’ PISANG ANEKA RASA MELALUI KKN-PPM DI DESA BASSIANG KECAMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU

Duriani Suriani

Abstract


Pembangunan masyarakat pada hakekatnya bertujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat secara keseluruh agar lebih baik, lebih menyenangkan dan mengenakkan masyarakat dari keadaan sebelumnya. Kesejahteraan, itulah yang menjadi tujuan pembangunan masyarakat. Pembangunan masyarakat selalu dikaitkan dengan masalah kemiskinan, yang dialami oleh sebagian masyarakat. Saat ini kemiskinan bukan hanya menjadi masalah Indonesia tapi sudah menjadi masalah dunia. Negara Indonesia identik dengan kemiskinan warga negaranya, namum di dalamnya negara Indonesia menginginkan negaranya ini berkembang dan maju. Masalah kemiskinan di Indonesia ditandai oleh rendahnya mutu kehidupan masyarakat yang ditunjukan oleh indeks pembangunan masyarakat. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi semakin meningkatnya masyarakat miskin maka, salah satu upaya pemerintah melalui KKN-PPM ini adalah membuka peluang seluas-luasnya membantu masyarakat dengan bekerjasama dengan perguruan tinggi yang memiliki sumber daya manusia yang cukup handal.

Salah satunya adalah membantu mengembangkan home industri di lokasi desa sasaran. Home industri adalah tulang punggung perekonomian bangsa yang mampu bertahan di saat krisis, yang menyentuh kehidupan masyarakat miskin. Strategi Pemberdayaan Industri kecil meliputi strategi manajemen inovasi dan teknologi, pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga, anak remaja yang putus sekolah serta bapak-bapak yang sedang istrahat menggarap sawah. Sehingga dengan adanya kegiatan tambahan bagi mereka akan membantu sebuah perubahan hidup yang lebih baik.

Adapun target jangka panjang terhadap rencana hibah ini secara teoretis adalah agar semua masyarakat dapat menikmati kehidupan yang lebih baik, terpenuhi kebutuhan pangan dan sandang. Tanpa harus tergantung pada orang lain. Untuk merealisasikan rencana hibah KKN-PPM ini maka metode yang dilakukan adalah mengunjungi kelompok/masyarakat yang akan dibina, membentuk binaan berupa kelompok home industri dampo’ pisang aneka rasa, melakukan pelatihan memperbaiki mutu produk, pelatihan pembuatan kemasan, pelatihan analisis dan pengembangan usaha, pamaren, perlombaan, dan melakukan studi banding ke sentra industri Dampo’ Pisang di Kecamatan Troya Kecamatan Cilacap Jawa Tengah.


Keywords


Home Industri, Dampo’, Pisang, Aneka Rasa

Full Text:

PDF

References


asrowi. 2005. Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghalia Indonesia

Belshaw Cyril, S. 1981. Tukar Menukar Tradisional dan Pasar Modern. Jakarta: PT Gramedia

Budi Sutedjo dan Dharma Oetomo. 2002. Perancangan & Pengembangan Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi press.

Damsar. 2002. Sosiologi Ekonomi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Ditbinlitabnas (1996) Pedoman Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi, Ditjen Dikti, Jakarta: Depdikbud.

Joyomartono, Mulyono. 1989. Perubahan Kebudayaan dan Masyarakat Dalam Pembangunan. Semarang: IKIP Semarang Press

Pasaribu J.L dan Simadjuntak. 1982. Sosiologi Pembangunan. Bandung: Tarsito

Seokanto, Soerjono. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Solomon, Michael R. 2002. Consumer Behavior: Buying, Having and Being, edition. New Jersey: Prentice Hall, inc

Sukijo. 2000. Tujuan dan Khalayak PPM. Jumal Apliikasi Ilmu-ilmu Agama, Vol. 1, No. 1 Desember 2000:62-78


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 BERKEMAJUAN : JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter