PENGEMBANGAN DALAM PENGOLAHAN BUAH MARKISA DI KELURAHAN PASIR PUTIH KABUPATEN SINJAI

Muh Arief Muhsin, Iskandar Iskandar

Abstract


Adapun  target dari program ini adalah; (1) Peningkatan pengetahuan kelompok tani markisa tentang penanaman buah markisa sehingga memperoleh  hasil  buah   yang melimpah, (2) Pengembangan pengelolahan buah markisa melalu pengelolahan intensisf sehingga meghasilkan sari markisa, jus markisa dan dodol markisa, (3) pengembangan manejmen pemasaran dan system kemas buah, sehingga hasil dari olahan buah markisa dapat dapat di pasarkan secara berskala dan menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Hasil yang dicapai adalah (1) Kelompok patani markisa sangat tertarik dengan program diversifikasi buah markisa karena proses yang sangat mudah dan langsung dipraktekkan, (2) Kelompok petani markisa terutama ibu-ibu sangat antusial dalam mengikuti program ini karena diprakterkkan secara langsung bagaimana membuat sari markisa mulai dari pemilihan buah, pembelahan buah, penyaringan, samapai dengan pemanasana sebelum dikemas, (3) Pengemasan sari buah markisa secara sedehana dapat dilakukan karena dapat di jual secara langsung kepada konsumen apabila diwirausahan, (4) Jumlah produksi sari markisa sangat terbatas karena kurangnya bahan baku akibat kemarau yang panjang sehingga pohon markisa memproduksi buah sangat kurang.


Keywords


Pengembangan, pengolahan, buah Markisa

Full Text:

PDF

References


http://pkukmweb.ukm.my/~ahmad/tugasan/s3_99/noridah.htm, Selasa 16 A gustus 2005

Ahmad, 1 999, Markisa,Badan Lit bang Pertan ian, 1989, Pembuatan sirup buah, Pusat Penelitian da n Pengembanga n Hortikultura, Jakarta . 2 hal. (P amplet).

BRI, 2003, Kemitraa n Usaha M arkisa, htt p://.bi.go.i d Iptek, 2003, Markisa, http://www.iptek.net.id/ind/warintek/Pengolahan_pangan_idx.php?doc=6a1#markisa, Selasa 16 Agustus 2005

Tamabunan T.,2003, Analisis Terhadap Peranan Industri Kecil/Rumah

Tanjung, A.I. Desember 1978/Maret 1979, Cara pembuatan sirup markisa yang baik. Majalah Kimia, V (14/15),: 1-4


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 BERKEMAJUAN : JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter