KEBIJAKAN DAN PELAYANAN PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH

Mujizatullah Mujizatullah

Abstract


Abstrak

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di PT. Bank Sulselbar Syariah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan pembiayaan Murabahah terhadap tingkat kepuasan nasabah pada PT. Bank Sulselbar Syriah Cabang Makassar. Dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel, yaitu PT. Bank Sulselbar sebagai  X1, pelayanan pembiayaan Murabahah sebagai X2, dan tingkat kepuasan nasabah sebagai Y.

Total Sampling   dalam penelitian ini berjumlah 75 orang. Untuk gambaran pemgaruh pelayanan pembiayaan Murabahah, peneliti menggunakan lembar observasi dan wawancara bebas dan angket pada nasabah dan karyawan PT. Bank Sulselbar Cabang Makassar. Selanjutnya, data yang diperoleh melalui instrument tersebut kemudian diolah dengan bantuan aplikasi Partial Least Square (PLS) 2.0

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis yang menggunakan uji t  menunjukkan bahwa nilai thitung lebih kecil  dari pada nilai ttable sehingga Ho diterima dan Ha diterima. Artinya pelayanan pembiayaan murabahah berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah pada PT. Bank Sulselbar Syariah Makassar.

Kata Kunci: Kebijakan, Pelayanan, Pembiayaan Murabahah, Kepuasan Nasabah

Abstract

This type of research is a quantitative research conducted at Bank Sulselbar Ltd.Company Makassar Sharia Branch. This research includes quantitative research that aims to determine the effect of Murabahah financing services on the level of customer satisfaction at  Bank Sulselbar Ltd.Company Makassar Sharia Branch Office. In this study consists of three variables, namely Ltd.Company Bank Sulselbar as X1, Murabahah financing service as X2, and customer satisfaction level as Y.

Total Sampling in this research amounted to 75 people. To illustrate the influence of Murabahah financing service, the researcher uses observation sheets and free interviews and questionnaires to customers and employees of Bank Sulselbar Ltd.Company Makassar Sharia Branch Office. Furthermore, the data obtained through the instrument is then processed with the help of Partial Least Square (PLS) 2.0 application

The results showed that the results of analysis using t test showed that the value of tarithmetic smaller than the value of ttable so H0 accepted and Ha accepted. It means service murabahah financing affects the level of customer satisfaction at Ltd.Company Bank Sulselbar Makassar.

Keywords: Murabaha service, customer satisfaction


References


DAFTAR PUSTAKA

Alam Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung Alfabet, 2007.

Antonio, M. Syafii. Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Cet. I; Jakarta Gema Insani, 2001.

Ascarya. Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: Raja grafindo Persada,2008.

Asro, M, dan Kholid, M. Fiqih Perbankan. Cet. I; Bandung: Pustaka Setia,2011.

Ali Muhammad. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: PT.Aksara, 1985.

Awaluddin. Manajemen Bank Syariah. Makassar: Alauddin University Press,2011.

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Quran dan Terjemahnya, Bandung: PT. Sygma Examedia Arkanleema, 2009.

Hasan. M. Iqbal. Pokok-Pokok Materi Statistika. Get, I; Jakarta: Aksara, 1999. Indonesia

Bank. Perbankan Syariah Lebih dari Sekedar Bank. Jakarta: Bank Indonesia, 2009.

Sumitro, Warkum. Asas-Asas Perbankan Islam dan Lembaga Terkait BMI dan Takaful di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Kotler Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. Jakarta Indeks, 2009.

Kasmir. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo. 2003

Laksana Fajar. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta; Graha Ilmu, 2008

Muhammad. Manajemen Dana Bank Syariah. Cet, II; Yogyakarta: Ekonisia. 2005.

Nawawi Ismail. Ekonomi Islam,Perspektif Teori, Sistem, dan Aspek Hukum. Surabaya: Putra Media Nusantara, 2009

Nawawi, Hadari. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Cet.VI; Yogyakarta: University Pers, 1993.

Soemitra, Andri. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Cet. II; Jakarta: Kencana, 2010.

Wirdyaningsih, dkk.Bank dan Asuransi Islam di Indonesia.Cet, III; Jakarta: Kencana, 2005.

Yousda, Ine I Amirman.Peneiitian dan Statistik Pendidikan.Cet, I; Jakarta: Bumi Aksara, 1993.

Steel Robert G.D, H. Torrie James, Prinsip dan Prosedur Statistika (Suatu Pendekatan Biometrik).Jakarta: PT. Gramedia pustaka utama, 1995


Refbacks

  • There are currently no refbacks.