CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAMPADA BANK SYARIAH

Muslihati Muslihati, Siradjuddin Siradjuddin, Syahruddin Syahruddin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan konsep CSR dalam perspektif ekonomi Islam dan kedudukannya pada perbankbankan syariah serta mengetahui kendala dan upaya dalam pelaksanaanya.Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan jenis field research dengan menggunakan pendekatan teologi normatif dan sosial ekonomi.

CSR dalam ekonomi Islam aberpegang pada beberapa prinsip yaitu prinsip Tauhid, Khalifah, Keadilan, Ukhuwah dan Mewujudkan maslahah. Berangkat dari prinsip-prinsip tersebut maka kemudian muncul beberapa kriteria yang dapat dijadikan indikator bagi bank syariah dalam pelaksanaan CSR-nya. Kriteria tersebut adalah kriteria kepatuhan syariah, keadilan dan kesetaraan, bertanggung jawab dalam bekerja, jaminan kesejahteraan, jaminan kelestarian alam dan bantuan sosial.

Berdasarkan hasil analisa laporan tahunan serta laporan keberlanjutan, penulis menemukan bahwa tidak semua kriteria CSR bank syraiah diungkapkan oleh ketiga bank yang diteliti. Ada beberapa poin kriteria CSR bank syariah yang belum disajikan seperti kurangnya program yang berkaitan dengan pelestarian alam, penggunaan pendapatan non halal untuk CSR, distribusi program yang belum merata, penentuan sasaran kegiatan CSR, kurangnya kemitraan, sosialisasi kegiatan dan pemahaman mengenai pelaksanaan, evaluasi di lapangan serta keberlanjutan program.  Kriteria CSR pada bank Syariah  merupakan suatu tawaran kepada bank-bank syariah dalam melaksanakan program-program CSR-nya agar bersesuaian dengan prinsip-prinsip dalam ekonomi Islam.

Kata kunci: CSR, Ekonomi Islam, Bank Syariah

Abstract

This study aims to describe the concept of CSR in the perspective of Islamic economics and its position on Islamic banking and know the constraints and efforts in the implementation. This research uses a qualitative paradigm with field research type using the normative and socio-economic theology approach.

CSR in Islamic economics aberpegang on some principles that is the principle of Tawheed, Caliph, Justice, Ukhuwah and realize maslahah. Departing from these principles then then appears some criteria that can be used as an indicator for sharia banks in the implementation of its CSR. These criteria are the criteria of Shariah compliance, justice and equality, responsible for work, welfare, sustainability and social assistance.

Based on the results of annual report analysis and sustainability report, the authors found that not all CSR bank syraiah criteria were disclosed by the three banks studied. There are several criteria of CSR syariah banks that have not been presented such as lack of programs related to nature conservation, non-halal income usage for CSR, uneven distribution of programs, targeting of CSR activities, lack of partnerships, socialization of activities and understanding of implementation, on-site evaluation as well as program sustainability. The CSR criteria on Sharia banks is an offer to sharia banks in implementing their CSR programs to conform to principles in Islamic economics.

Keywords: CSR, Syariah Banking, Islamic Economics.


References


DAFTAR PUSTAKA

Antonio, Muhammad Syafi’I. Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Jakarta : Gema Insani,2001.

Antonio,Muhammad Syafi’I. Bank Syariah bagi Bankir dan Praktisi Keuangan. Jakarta: Central Bank of Indonesia and Tazkia Institute, 1999.

Azheri, Busyra. Corporate Social Responsibility dari Voluntary menjadi Mandatory. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2012.

Azheri, Isa Wahyudi dan Busyra. Corporate Social Responsibility, Prinsip,Pengaturan dan Implementasi. Malang: Intrans Publishing.2008.

Basrowi dan Suwandi. Mamahami Penelitian Kualitatif . Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Bank Indonesia (BI), Model Bisnis Perbankan Syariah [Online], http://www.bi.go.id, diakses September 2017.

Badroen, Faisal. Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Kencana, 2006.

Bank BNI Syariah, Laporan Tahunan [Online], http://www.bnisyariah.co.id., diakses Februari 2018.

Bank Syariah Mandiri, Laporan Tahunan [Online], https://www.syariahmandiri.co.id., diakses Februari 2018.

Bank Muamalat Indonesia, Laporan Tahunan [Online], http://www.bankmuamalat.co.id., diakses Februari 2018.

Darmawati. “Corporate Social Responsibility dalam Islam.” Mazahib, vol. XIII, No. 2. (2014)

Eklington, Cannibals with Forks, the Triple Bottom Line of 21th Century. 1997.

Kartini, Dwi. Corporate Social Responsibility (Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia ). Bandung: PT. Refika Aditama, 2013.

Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Muhammad, Jawed Akhtar, “Corporate Social Responsibility in Islam”. Thesis PhD Faculty of Business of New Zealand, 2007.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Syariah [Online], http://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/pages/PBS-dan-Kelembagaan.aspx., diakses 25 Februari 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alvabeta, 2013.

Syukron, Ali. ”CSR dalam Perspektif Islam dan Perbankan Syariah.” Economic: Jurnal Ekonomi dan Hukum Islam, vol. 5, No. 1 (2015)

Wahyudi, Isa dan Busyra Azheri. Corporate Social Responsibility, Prinsip,Pengaturan dan Implementasi. Malang: Intrans Publishing, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.