Efektivitas Penerapan Strategi Modelling The Way dalam Pembelajaran Membaca Puisi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Bantaeng

Indramini Indramini

Abstract


Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan strategi Modelling the Way dalam pembelajaran membaca puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Tujuan umum itu dirincikan ke dalam tujuan khusus, yakni (a) keterlaksanaan RPP, (b) lembar observasi, dan (c) tes hasil belajar membaca puisi.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari analisis deskriptif kuantitatif dan ditampilkan dalam bentuk tabel melalui perhitungan rata-rata dan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas kontrol yakni kelas VII.2 dari 19 orang siswa hanya 8 orang siswa yang tuntas dengan persentase 42,1% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 73 atau berada pada kategori rendah dan belum mencapai KKM. Dan pada kelas eksperimen, yakni kelas VII.3 dari 21 orang siswa, terdapat 16 orang siswa atau 76,1% yang tuntas dan telah memenuhi KKM serta secara klasikal sudah terpenuhi yaitu dengan nilai rata-rata 80,1 atau berada dalam kategori tinggi.

 

Kata Kunci :  Penerapan strategi Modelling the Way, membaca puisi.


His study aimed to describe the general effectiveness of the implementation of the strategy Modeling the Way in learning to read poetry in the seventh grade students of SMP Negeri 1 Tompobulu Bantaeng. The general objective was detailed in a specific purpose, namely (a) the enforceability of the RPP, (b) the observation sheet, and (c) the test results to learn to read poetry.

This research is experimental study consisted of quantitative descriptive analysis and presented in tabular form through the calculation of average and percentage.

The results showed that in the control class VII.2 class of 19 students only 8 percentage of students who completed the 42.1% who meet the minimum completeness criteria (KKM). In classical unmet because the average value obtained for 73 or in the low category and has not reached the KKM. And the experimental class, the class VII.3 of 21 students, there are 16 people or 76.1% of students who completed and have met KKM and classically been met and that the average value of 80.1 or are in the high category

 

Keywords: Implement strategies Modeling the Way, read poetry.

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2011. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Badrun, Ahmad. 1983. Pengantar Ilmu Sastra (Teori Sastra). Surabaya: Usaha Nasional.

Bimbie. 2012. Teknik Membaca Puisi. (Online). http://www.bimbie.com/teknik-membaca-puisi.htm/ . (diakses Sabtu, 12 April 2014).

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Fitriansal. 2012. Efektivitas Penerapan Model Total Physical Respons dalam Pembelajaran Pementasan Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Proposal Penelitian tidak diterbitkan. Makassar: Fakultas Bahasa dan Sastra UNM.

FKIP Unismuh Makassar. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Panrita Press Unismuh Makassar.

Hipni, Rohman. 2010. Definisi Strategi Pembelajaran. (Online). http://www.blogger.com/Definisi_pengertian strategi pembelajaran_ Artikel Pendidikan.htm/. (diakses Ahad, 22 Juni 2014).

Ismawati, Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Jumarni. 2010. Laporan Pemantapan Profesi Keguruan (Model Konstruktivistik dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi). Makassar: FKIP Unismuh Makassar.

Kuswanto, Dedy. 2012. Statistik Untuk Pemula dan Orang Awam. Jakarta Timur: Laskar Aksara.

Lihin. 2014. Strategi Modeling The Way Dalam Pembelajaran. (Online). http://www.blogger.com/Strategi-Modeling-the-Way-dalam-Pembelajaran-Referensi-Makalah.htm/. (diakses Ahad, 22 Juni 2014).

Nur, Herawati. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Dengan Strategi Modeling Pada Murid Kelas V Sekolah Dasar Negeri 183 Garanta Kabupaten Bulukumba. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FKIP Unismuh Makassar.

Nurjamal, Daeng, dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Rahim, A. Rahman & Thamrin Paelori. 2013. Seluk Beluk Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Romiz Aisy.

Rimang, Siti Suwadah. 2011. Kajian Sastra Teori dan Praktik. Yogyakarta: Aura Pustaka.

Saputra, Metra. 2011. Model Pembelajaran Modelling the Way. (Online). http://www.blogger.com/Model-Pembelajaran-Modeling-The-Way-P.I.S Metra27.htm/. (diakses Ahad, 22 Juni 2014).

Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra (Analisis Struktur Puisi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syamsuri, Andi Sukri & Muh. Saeful. 2011. Kajian Apresiasi Puisi. Makassar: FKIP Unismuh Makassar.




DOI: https://doi.org/10.26618/perspektif.v1i1.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PERSPEKTIF