Penerapan Pendekatan Scientific dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Konsep Sistem Ekskresi Manusia Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Sibulue Kabupaten Bone

Ika Sartika Askar

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sibulue Kabupaten Bone pada pembelajaran biologi materi Sistem Ekskresi Manusia melalui penerapan pendekatan Scientific. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sibulue Kabupaten Bone yang berjumlah 28 orang siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sibulue Kabupaten Bone setelah diajar dengan menerapkan pendekatan ilmiah (Scientifc approach) pada pembelajaran Biologi materi Sistem Ekskresi Manusia menunjukkan rata-rata nilai tes akhir siklus I dari 70,36 menjadi 81,93 pada siklus II. Aktivitas belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sibulue Kabupaten Bone setelah diajar dengan menerapkan pendekatan ilmiah (Scientifc approach) pada pembelajaran Biologi materi Sistem Ekskresi Manusia terbukti pada perbandingan hasil observasi aktivitas belajar biologi pada siklus I dan siklus II dimana  hasil observasi dan evaluasi dari siklus I ke siklus II yang cukup mengalami peningkatan aktivitas belajar positif yang signifikan.

Kata Kunsi: Scientific Approach, hasil belajar, Sistem Eksresi Manusia


Full Text:

PDF

References


Anonim, 2013. Pendekatan Scientific. Artikel. https://minsukamulya. wordpress.com/artikel-pendidikan/ pendekatan-scientific-kurikulum-2013/.Diakses pada tanggal 15 Maret 2016.

Ali, Muhammad. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru. Bandung.

Arikunto, S. 1995. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Dahar, Ratna Wilis.1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta : Erlangga

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Dadang, 2013. Langkah-Langkah Pembelajaran Scientific. Artikel. http://www. salamedukasi.com/2014 /06/langkah-langkah-pembelajaran-scientific.html. Diakses pada tanggal 15 Maret 2016.

Haling, A. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Badan Penerbit UNM. Makassar.

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar dan Mengajar. Bina Aksara. Jakarta.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan III. Rineka Cipta. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/perspektif.v1i2.171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 PERSPEKTIF: JURNAL SUMBER DAYA INSANI

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/