Penerapan Gabungan Metode Ceramah dengan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Lingkungan pada Mahasiswa Stikes Amanah Makassartahun Pelajaran 2014/2015

Nurdin Nurdin

Abstract


Bahkan dapat dikatakan masa depan bangsa bergantung pada keberadaan pendidikan yang berkualitas yang berlangsung di masa kini.Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data primer dikumpulkan dengan metode survei atau pemetaan dan kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari diperoleh melalui observasi pengolahan kegiatan belajar mengajar dengan gabungan metode ceramahdengan metode simulasi, dan tes formatif.

Hasil menunjukkan; 1) penerapan gabungan metode ceramah dengan metode simulasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa; 2) meningkatnya nilai rata-rata mahasiswa pada setiap siklus yang terus mengalami peningkatan.; 3) bekerja dengan sesama mahasiswa, mendengarkan/memperhatikan penjelasan dosen, dan diskusi antar mahasiswa/antara mahasiswa dengan dosen. Jadi dapat dikatakan bahwa aktivitas mahasiswa dapatdikategorikan aktif.

Kata Kunci: Penerapan, MetodeCeramah, Metode Simulasi

 

Abstract

 

One of the pillars of human resource development is significant, very important for national development. It can even be said to be the future of the nation depends on the existence of a quality education that takes place in the present. The method used is descriptive qualitative and quantitative. Primary data was collected by surveying or mapping methods and questionnaires, while secondary data obtained through observations obtained from the processing of teaching and learning activities with a joint lecture with simulation method, and formative tests.

Results show; 1) implementation of joint lecture with simulation methods have a positive impact in improving student achievement .; 2 increase in the average value of students in each cycle which is constantly increasing .; 3) work with fellow students, listening / observing explanations lecturer, and discussions between student / between students and lecturers. So it can be said that the student activities can be categorized as active.

Keywords: Application, Lecture Method, Simulation Method

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1989. Penilaian Program Pendidikan. ProyekPengembangan LPTK Depdikbud. DirjenDikti.

Ardana, Wayan. 1980. Beberapa Metode Statistik Untuk Keperluan Penelitian Pendidikan. Malang: Swadaya.

Arikunto, Suharsimi.1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Combs. Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.

Arikunto, Suharsimi. 1992. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Djamarah, SyaifulBahri. 1994. Dosendan Mahasiswa Didik dalam Interaksi Edukatif. FakultasTarbiyah IAIN Antasasi. Banjarmasin.

Djamarah, SyaifulBahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hadi, Sutrisno. 1981. Metodogi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yoyakarta.

Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Hamalik, Oemar. 1999. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. BumiAksara.

Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineksa Cipta.

Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Slameto, 1988. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Suryabrata, Sumadi. 1990. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Dosen Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wetherington. H.C. and W.H. Walt. Burton. 1986. Teknik-teknikBelajardanMengajar. (terjemahan) Bandung: Jemmars.




DOI: https://doi.org/10.26618/perspektif.v1i2.153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PERSPEKTIF

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/