PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 4 PAREPARE TAHUN 2016

Wahida Wahida

Abstract


Pembelajaran dikatakan berhasil ketika siswa dapat memahami apa yang telah diterimanya. Penggunaan model pembelajaran tidak hanya membantu guru dalam mengajar tetapi juga memudahkan siswa dalam memahami materi yang dipelajari. Hasil observasi awal di SMA Negeri 4 Parepare diperoleh data bahwa siswa kelas XI IPS 2 masih memiliki masalah dengan aktivitas dan hasil belajar untuk mata pelajaran sejarah. Ketuntasan belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 parepare sebelum dilakukan penelitian sebesar 32,5%, sehingga aktivitas belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dapat kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Parepare tahun 2016.

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Parepare, subjek penelitian adalah kelas XI IPS 2 yang berjumlah 40 siswa yang akan diteliti aktivitas dan hasil belajar melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).

Prosedur penelitian tindakan terdiri dari dua siklus. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, dan soal tes evaluasi. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa rata-rata presentase aktivitas belajar siswa sebesar 72%, nilai tersebut dalam kategori baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif pada siklus I diperoleh 57,5% dengan rata-rata nilai sebesar 65,63. Pada siklus II rata-rata presentase aktivitas belajar siswa sebesar 88%, nilai tersebut dalam kategori baik sekali. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa sebesar 85%, dengan rata-rata hasil belajar sebesar 76. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2.

Keberhasilan penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition ini dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Diharapkan guru melakukan inovasi model pembelajaran.


Keywords


aktivitas belajar, hasil belajar, mata pelajaran sejarah, model pembelajaran cooperative integrated reading and composition

Full Text:

PDF

References


Anni, Catharina Tri, dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

------- 2005. Manejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

------- 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

------- 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisno. 2004. Statistika Jilid 2. Yogyakarta: Andi.

Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

------- 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmadi, Hartono. 2000. Pengembangan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press.

Kochhar, S. K. 2008. Pembelajaran Sejarah: Teaching History. Jakarta: Grasindo.

Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Mudjiono,Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, M. Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rosda.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Praneda Media.

Slameto.2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Transito.

Sugandi, Ahmad. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.

Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pressindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suparman Kardi & Muhamad Nur. 2000. Pengantar pada Pengajaran dan Pengelolaan Kelas. Surabaya: Surabaya University Press.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tamburaka, Rustam E. 2002. Pengantar Ilmu Sejarah, Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat, dan IPTEK. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

------- 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah B. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Widja, I Gede. 1989. Dasar-Dasar Pengembangan Strategi serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: DIKTI.

http://bahasa.kemendiknas.go.id/kbbi./




DOI: https://doi.org/10.26618/perspektif.v3i1.1324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PERSPEKTIF: JURNAL PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/