PERILAKU MEROKOK (STUDI KASUS DUA SISWA SMA NEGERI 4 PAREPARE)

Sukmawati Sukmawati

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perilaku merokok pada siswa SMA Negeri 4 Parepare yang meliputi :  Faktor-faktor penyebab perilaku merokok siswa, mekanisme psikologis merokok siswa, dampak sosial yang timbulakan dari perilaku merokok siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan informan sebagai sumber data.  Dalam pengumpulan data digunakan teknik wawancara dan observasi, dimana data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa (1). Faktor-faktor yang menyebabkan perilaku merokok siswa adalah pengaruh lingkungan sosial termasuk teman sebaya, pengaruh orangtua dan keluarga serta pengaruh biologis atau dorongan dari dalam diri. (2).  Mekanisme psikologis perilaku merokok siswa yaitu aspek-aspek kognitif tentang pemikiran yang irrasional dan aspek perilaku yang dtimbul dari pemikiran yang irrasional.  (3).  Dampak sosial yang ditimbulkan dari perilaku merokok adalah, dampak negatif terhadap kesehatan, ekonomi, dan orang disekitarnya. Kemudian dampak positif terhadap diri sendiri yang berupa mood positif mengurangi ketegangan, memberi perasaan senang yang membantu individu menghadapi keadaan-keadaan yang sulit.

Full Text:

PDF

References


Aula, E. L. 2010. Stop Merokok, Jogyakarta: Garailmu. Amelia A. Gambaran Perilaku Merokok Pada Remaja Laki-laki. Skripsi Universitas Sumatra Utara. Medan: Fakultas Psikologi, tahun2009.

Aritonang, M.R. (1997). Fenomena Wanita Merokok. Jurnal Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta: Universitas gadjah Mada Press. Chaplin, J.P. (1997). Kamus Lengkap Psikologi. (terjemahan. Kartini Kartono) Jakarta: Raja Grafindo Persada. Davison, G. C.; Neale, J. M. and Kring, A. M. 2006. Psikologi Abnormal (Edisi ke-9). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Efendi, M. 2005. Penggunaan Cognitive Behavior Therapy untuk Mengendalikan Kebiasaan Merokok di Kalangan Siswa Melalui Peningkatan Perceived Self Efficacy Berhenti Merokok. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, tahun ke 11, september 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PERSPEKTIF: JURNAL PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

web
analytics

Flag Counter

Indexing: