PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI 4 PAREPARE

Nurham Nurham

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, proses, dan hasil keterampilan menulis cerpen melalui model Discovery Learning siswa kelas X-1 SMA Negeri 4 Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X-1 SMA Negeri 4 Parepare pada pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen. Laki-laki sebanyak 20 orang dan perempuan sebanyak 17 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan pemberian tugas menulis cerpen setelah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Data proses dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data hasil dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran menulis cerpen tahap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil menulis mengalami peningkatan. Pada tahap perencanaan terjadi perubahan pada guru mata pelajaran dalam menyusun strategi pembelajaran yang lebih baik. Tahap pelaksanaan, siswa mengalami perubahan sikap menjadi lebih baik. Tahap evaluasi, hasil tes kemampuan menulis cerpen dengan memperhatikan aspek isi, organisasi, kosakata, penggunaan bahasa, dan mekanik menunjukkan bahwa pada siklus I siswa belum mencapai tingkat ketuntasan yang telah ditentukan. Pada siklus II siswa sudah mencapai ketuntasan dalam pembelajaran menulis cerpen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X-1 SMA Negeri 4 Parepare setelah dilaksanakan dalam dua siklus.

Keywords


cerpen, kemampuan menulis, model pembelajaran Discovery Learning, peningkatan.

Full Text:

PDF

References


Alma, H. Buchari dkk. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta. Astuty, Widy dkk. 2012. Pengaruh metode pembelajaran dan koordinasi terhadap hasil belajar bolavoli murid SMP 2 Mayongan Jepara tahun 2011/2012. Journal of Physical Education and Sports, (online), PPs Universitas Negeri Semarang. Aununrrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta. Bachtiar. 1998. Buku Materi Pokok Permainan Bola Besar II Bolavoli. Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menegah.Jakarta.: Universitas Terbuka. Beutelstahl, Dieter. 2012. Berlajar Bermain Bola Volley. Bandung: CV. Pionir Jaya. Eggen, Paul & Kauchak, Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta Barat: Indeks. Durrwachter, Gerhard. 1990. Bola Volley (Belajar dan Berlatih Sambil Bermain).Jakarta: PT. Gramedika. Faturrahman, Pupuh., Sutikno, Sobry. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama. Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani Huda, Miftahul. 2013. Coopertive Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Joyce, Bruce., Weil, Marsha., & Calhoun, Emily. 2009. Model’s of Teaching.Yogyakarta: Pustaka Pelajar Kusnodo. 2012. Pengaruh metode pembelajaran Eksplorasi dan Minat Murid Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli Dalam Pembelajaran Penjasorkes. Journal of Physical Education and Sports, (online), PPs Universitas Negeri Semarang. Latuheru, D., John. 2002. Media Pembelajaran Dalam Peoses BelajarMengajar Masa Kini. Makassar : Makassar State University Press. Lutan, Rusli. 1997. Buku Materi Pokok Permainan Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kaseshatan Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menegah. Jakarta.: Universitas Terbuka. Noor, Julaiansyah. 2011. Metode Penelitian.Jakarta: Kencana Prenada Media Group Nurhasan. 2001. Tes Dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta Pusat : Direktorat Jendral Olahraga Pusat. Pudjihidayat. Djoko. 2012. Evektifitas pembelajaran teknik passing atas permeinan bola voli dengan pendekatan bermain dalam menigkatkan hasil belajar pada murid kelas VII. Artikel, (online), Universitas Negeri Surabaya. Rosdiani, Dini, 2012. Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung. Alfabeta. Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran, mengembankan prfesionalisme guru. Bandung: Rajawali Press Salam, Sofyan & Bangkona, Deri. 2012. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi PPs UNM . Makassar: Badan Penerbit UNM. Santrock, W., John. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Goup Sevilla, G., Consuelo dkk. 2006. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta.: UI-Press.

Syarifuddin, Aip dkk. 1997. Azas Falsafah Penjas. Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menegah. Jakarta.: Universitas Terbuka. Sugiyanto, dkk. 1997. Perkembangan dan Belajar Motorik. Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menegah. Jakarta.: Universitas Terbuka. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta Sujarwo, Suhadi. 2009. Volleyball For All. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Sumiati & Asra. 2011. Metode Pembelajaran.Bandung : CV. Wacana Prima. Wardani, 1997. Psikologi Belajar. Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menegah. Jakarta.: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.26618/perspektif.v2i2.1288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PERSPEKTIF: JURNAL PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/