PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING ATAS PERMAINAN BOLA VOLI KELAS XII IA3 SMA NEGERI 4 PAREPARE

Marhani Marhani

Abstract


Perlu dilakukan suatu perencanaan pembelajaran dengan menggunakan suatu metode pembelajaran dalam rangka mengajarkan teknik dasar tersebut, khususnya pembelajaran bola voli di sekolah. memberikan suatu alternatif dalam mengatasi permasalahan tersebut. Sebagai alternatif adalah dengan pengelolaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran langsung. Metode  pembelajaran ini dipilih karena pembelajaran ini dirancang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dan telah dirancang sedemikian rupa agar terjadi interaksi positif antar siswa. Secara operasional, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran langsung dalam meningkatkan kemampuan passing atas permainan bola voli kelas XII IA3 SMA Negeri 4 Parepare.  Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui gambaran secara umum data penelitian. Penyajian hasil analisi data penelitian dalam bab ini hanya merupakan rangkuman hasil analisis dari rekaman hasil belajar siswa dilihat dari keadaan awal subyek penelitian dimana persentase hasil belajar siswa pada pokok bahasan passing atas terdapat 91,43 % siswa memperoleh nilai rendah, 8,57 % siswa memperoleh nilai sedang dan 0 % siswa memperoleh nilai sangat tinggi. Sedangkan keadaan setelah tindakan maka distribusi frekuensi hasil belajar passing atas pada Siklus I menunjukkan perubahan yang cukup signifikan dimana 62,57 % siswa memperoleh nilai hasil belajar rendah, 37,14 % siswa memperoleh nilai sedang dan 0 % siswa memperoleh nilai hasil belajar sangat tinggi. Peningkatan prestasi siswa yang lebih berarti diperoleh setelah tindakan pada siklus II dimana frekuensi hasil belajar passing atas siswa menunjukkan hasil yang signifikan dengan persentase diperoleh dari siswa yang memperoleh nilai rendah 68,57 %, 22, 86 % siswa yang mempeoleh nilai sedang dan nilai sangat tinggi mencapai 8,57 %.

Keywords


bola voli, model, dan pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Alma, H. Buchari dkk. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta. Astuty, Widy dkk. 2012. Pengaruh metode pembelajaran dan koordinasi terhadap hasil belajar bolavoli murid SMP 2 Mayongan Jepara tahun 2011/2012. Journal of Physical Education and Sports, (online), PPs Universitas Negeri Semarang. Aununrrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta. Bachtiar. 1998. Buku Materi Pokok Permainan Bola Besar II Bolavoli. Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menegah.Jakarta.: Universitas Terbuka. Beutelstahl, Dieter. 2012. Berlajar Bermain Bola Volley. Bandung: CV. Pionir Jaya. Eggen, Paul & Kauchak, Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta Barat: Indeks. Durrwachter, Gerhard. 1990. Bola Volley (Belajar dan Berlatih Sambil Bermain).Jakarta: PT. Gramedika. Faturrahman, Pupuh., Sutikno, Sobry. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama. Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani Huda, Miftahul. 2013. Coopertive Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Joyce, Bruce., Weil, Marsha., & Calhoun, Emily. 2009. Model’s of Teaching.Yogyakarta: Pustaka Pelajar Kusnodo. 2012. Pengaruh metode pembelajaran Eksplorasi dan Minat Murid Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli Dalam Pembelajaran Penjasorkes. Journal of Physical Education and Sports, (online), PPs Universitas Negeri Semarang. Latuheru, D., John. 2002. Media Pembelajaran Dalam Peoses BelajarMengajar Masa Kini. Makassar : Makassar State University Press. Lutan, Rusli. 1997. Buku Materi Pokok Permainan Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kaseshatan Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menegah. Jakarta.: Universitas Terbuka. Noor, Julaiansyah. 2011. Metode Penelitian.Jakarta: Kencana Prenada Media Group Nurhasan. 2001. Tes Dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta Pusat : Direktorat Jendral Olahraga Pusat. Pudjihidayat. Djoko. 2012. Evektifitas pembelajaran teknik passing atas permeinan bola voli dengan pendekatan bermain dalam menigkatkan hasil belajar pada murid kelas VII. Artikel, (online), Universitas Negeri Surabaya. Rosdiani, Dini, 2012. Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung. Alfabeta. Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran, mengembankan prfesionalisme guru. Bandung: Rajawali Press Salam, Sofyan & Bangkona, Deri. 2012. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi PPs UNM . Makassar: Badan Penerbit UNM. Santrock, W., John. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Goup Sevilla, G., Consuelo dkk. 2006. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta.: UI-Press.

Syarifuddin, Aip dkk. 1997. Azas Falsafah Penjas. Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menegah. Jakarta.: Universitas Terbuka. Sugiyanto, dkk. 1997. Perkembangan dan Belajar Motorik. Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menegah. Jakarta.: Universitas Terbuka. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta Sujarwo, Suhadi. 2009. Volleyball For All. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Sumiati & Asra. 2011. Metode Pembelajaran.Bandung : CV. Wacana Prima. Wardani, 1997. Psikologi Belajar. Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menegah. Jakarta.: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.26618/perspektif.v2i2.1287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PERSPEKTIF: JURNAL PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/