EUFEMISASI SEBAGAI BENTUK KEKERASAN SIMBOLIK PADA PEMBELAJARAN DI SMK KRISTEN MAKALE TANA TORAJA

Elsabeth Mangera, Berthin Simega

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kekerasan simbolik dalam mekanisme eufemisasi  yang terjadi dalam pembelajaran di SMK Kristen Makale Tana Toraja. Harapan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Sebagai rekomendasi bagi guru agar selektif dalam pemilihan kosakata. 2) Sebagai rekomendasi bagi kepala sekolah dan pengawas agar memperhatikan penggunaan bahasa guru dalam interaksi pembelajaran sebagai bagian dari pengembangan kompetensi pedagogik. Jenis penelitian ini tergolong analisis wacana kritis (AWK). Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, teknik catat, dan teknik rekaman.

Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 9 bentuk kekerasan simbolik dalam mekanisme eufemisasi: 1) perintah,   2) keharusan,  3) kepercayaan, 4) belas kasihan, 5) kegunaan, 6) sopan santun, 7) perjanjian, 8) penegasan, dan 9) larangan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru selektif dalam pemilihan kosakata dalam pembelajaran. Pemberian pujian hendaknya sering dilakukan guru  untuk siswa sebagai bentuk apresiasi atas hasil yang telah dicapai. Dalam pembelajaran guru disarankan lebih banyak melibatkan siswa selama pembelajaran berlangsung. Peneliti selanjutnya, disarankan untuk mengembangkan kekerasan simbolik ini sebagai kajian analisis wacana kritis dengan sudut pandang dan kajian yang berbeda.


Keywords


Kekerasan ,simbolik, mekanisme ,eufemisasi.

References


Darma, Yoce Aliah. 2009. Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya.

Eriyanto. 2000. Kekuasaan otoriter: Dari Gerakan Penindasan Menuju PilitikHegemoni; Studi Atas Pidato-pidato Politik Orde Baru. Yogyakarta:Insist Press Kerja Sama dengan Pustaka Pelajar.

________2003. Analisis Wacana: Pengantar Analsis Teks Media. Yogyakarta:Lkis.

Jufri. .2006. Struktur Wacana Lontara La Galigo. Disertasi. Malang:Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

_______.2007. Metode Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya. Makassar: BadanPenerbit Universitas Negeri Makassar.

_______.2008. Analisis Wacana Kritis. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

_______. 2009. Analisis Wacana Kritis Berita Fenomena Politik dan Sosial Pascareformasi. Makassar: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.

_______. 2009. Analisis wacana Budaya. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Moleong, Lexy J. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya.

Rusdiarti, S. R. 2003. “Bahasa, Pertarungan Simbolik, dan Kekuasaan.” Jurnal Basis, Edisi Khusus Pierre Bourdieu, No. 11−12 Tahun ke-52,November-Desember 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PERSPEKTIF: JURNAL PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

web
analytics

Flag Counter

Indexing: