MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIO-EMOSIONAL ANAK DI PAUD TUMBUH KEMBANG ANAK MAKASSAR

Mersilina L. Patintingan

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman yang kian pesat di bidang teknologi dan informasi, memberi dampak pada perkembangan kejiwaan anak secara khusus pada perkembangan sosio-emosionalnya.  Pembelajaran yang dilakukan dengan model Beyond Centers dan Circle Times anggap mampu memberikan pengalaman interaksi yang beragam bagi anak untuk mengembangkan kecerdasan sosio-emosional. Jenis Penelitiannya adalah penelitian kualiatatif yang berjenis metode Analisis Konsep.  Penelitian ini dilakukan di PAUD Tumbuh Kembang Anak Makassar, dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran implementasi Model Pembelajaran BCTT dalam proses pembelajaran yang berdampak pada meningkatnya kecerdasan sosio-emosioanl anak.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.  Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi mengenai pelaksanaan pembelajaran deng Model BCCT ini digunakan dengan pendekatan teori Urien Bronfrenbrenner tentang Ekologi .  Berkisar dari lima konteks kasar mengenai interaksi langsung dengan orang-orang hingga konteks budaya berdasar luas, yakni 5 sistem tersebut adalah (1)Mesosistem; hubungan antar pengalaman di lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah, (2) Ekosistem; Pengalaman dalam lingkungan sosial yang lain.(3) Makrosistem; budaya dimana seseorang tinggal, (4) Kronosistem; Pembuatan pola kejadian lingkungan dan transisi sepanjang kehidupan, contoh kejadian perceraian yang dialami orang tua anak.


Keywords


Model Pembelajaran Beyond Centers dan Circle Time, Kecerdasan Sosio Emosional, Pendekatan Teori Ekosistem

References


Arikunto, Suharsimi.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Arriyani, Neni.2009. Sentra bermain peran.Jakarta:Sekolah Al Falah.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2007. Pedoman Penerapan Pendekatan “Beyond Centers Circle Time (BCTT) dalam Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta:Depdiknas.

Fauziah,P.2007.Implementasi Hasil pelatihan Penggunaan Metode BCCT dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Tesis Pada Magister PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Kusnaedi Reni, Girisuyutno.2008.Model Pembelajaran Interaktif di Taman Kanak-Kanak.Bandung:Departemen Pendidikan Nasional.

Lestari, Slamet. 2010. Laporan Penelitian Latihan Implementasi metode Beyond Center and circle Times (BCCT) di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini “Rumah Ibu” kec. Ngagilik Kab. Sleman, FIP UNY

Mashar, Riana.2011.Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya .Jakarta:Kencana

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Cetakan ke-17. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana S.2010.Metode Penelitian Pendidikan.Cetakan ke-4 Bandung:Remaja Rosdakarya.

Yuliani.N.S.2008.Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak.Jakarta:PT Indeks


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PERSPEKTIF: JURNAL PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

web
analytics

Flag Counter

Indexing: