Agenda Setting Pengelolaan Sampah Pasar di Kota Makassar

Muhlis Madani

Abstract


Awal munculnya isu pengelolaan sampah pasar ini dimulai dari adanya problem kebersihan, keteraturan, kenyamanan, dan keamanan untuk berbelanja di pasar tradisional, yang berkembang di tengah-tengah masyarakat. Adapun problem isu di sini, masyarakat pengguna pasar tradisional mempunyai anggapan adanya kejenuhan terhadap kinerja pemerintah daerah, di samping itu masyarakat menginginkan adanya suatu perubahan yang dapat menyentuh aspek manajemen dan teknis pengelolaan sampah pasar. Pemerintah Kota Makassar mesti melakukan pembenahan serius terhadap fasilitas persampahan, terutama pada kondisi pasar pasca-revitalisasi. Sistem dan penyediaan fasilitas tersebut melibatkan partisipasi pedagang. Pendekatan secara partisipatif dalam perencanaan, pengadaan dan pemeliharaan fasilitas akan meningkatkan rasa memiliki di kalangan pedagang pasar. Untuk itulah penyusunan agenda kebijakan pengelolaan sampah pasar penting untuk dilakukan. Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang penataan Pasar Tradisional perlu dipercepat pembahasan dan atau pemberlakuannya, terutama hal yang berkaitan dengan sistem dan prosedur pengelolaan sampah pasar. Gagasan dan kebijakan revitalisasi pasar tradisional diharapkan tidak hanya terfokus pada aspek penataan spasial (keruangan), tetapi juga memperhatikan aspek sosial dan pengelolaan lingkungan terutama aspek persampahan.

Full Text:

PDF

References


Birkland, Thomas A. 1997. Efter Disaster :Agenda Setting, Public Policy, and Focusing Event, Washington : George Town University Press.

Cobb, Roger. W. & Charles. D. Elder, 1972. Participation in American Politics: The Dynamics of Agenda-Build ing, John Hopkins University Press.

DPLHK, 2009. Komposisi Sampah Di Kota Makassar Periode Desember 2008 ,

Laporan Bulanan Dinas Pengeloaan Lingkungan Hidup & Keindahan Kota Makassar

Dye, Thomas, R. 2005. Understanding Public Policiy (ed.7th). New Jersey: Pearson Prentice Hall

Gupta, Dipak K. 2001. Analyzing Public Policy, Concepts, Tools, and Techniques, Singapore : CQ Press.

Kementrian Negara Lingkungan Hidup, 2008. Statistik Persampahan Indonesia. Japan International Cooperation Agency (JICA), Jakarta.

Kingdon, John W. 1995. Agendas, Alternatives, and Public Policies, 2nd ed. New York : Harper Collins

Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD). 2006, Melaui Makassar Bersih, Menuju Kota Berkelanjutan, Buku Parameter Basis Data, Makassar : Dinas PLHK & CV. Globalindo Konsultama.

Shinichi Shigetomi, (2002), “The State and NGOs: Issue &Analytical Framework”, dalam Shinichi Shigetomi (ed.), 2002. The State & NGOs: Perspective from Asia, Singapore: ISEAS.

Stone, Deborah. 2002. Policy Paradox : The Art of Political Decision Making. Rev. ed. New York: W.W Norton)

Undang-Undang No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah




DOI: https://doi.org/10.26618/ojip.v1i1.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License

Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats