Good Governance dan Formasi Kebijakan Publik Neo-Liberal

Andi Luhur Prianto

Abstract


Sejak kurun waktu beberapa tahun terakhir, diskursus good governance telah menjajah wacana publik dalam reformasi dan demokratisasi di Indonesia. Tulisan ini bermaksud mendekonstruksi diskursus good governance itu sendiri, apa sesungguhnya yang keliru atau bahkan mungkin apa yang latah diucapkan soal good governance. Tulisan ini berusaha untuk menunjukkan masuknya gagasan neo-liberal dalam imajinasi perubahan politik, ekonomi dan sosial yang digelindingkan di masa-masa akhir kepemimpinan Soeharto di awal 1990-an. Sebagaimana akan ditunjukkan dalam tulisan ini, gerakan yang berlabel governance ini justru semakin menjauh dari semangat governance yang sebenarnya. Secara singkat, gerakan good governance di Indonesia justru melenceng dari semangat governance yang mengedepankan akomodasi, kooperasi dan sinegi dalam kesetaraan antar pelaku. Hal ini membawa proses marginalisasi kebijakan ekonomi, sosial, kultural dan juga politik yang sejalan dengan nilai-nilai neo-liberal.


Full Text:

PDF

References


Birkland, Thomas A. 2005. An Introduction to the Policiy Process: Theories, Concepts, and Models of Public Policy making. (Ed. 2th) New York: M.E. Sharpe, Inc.

Dye, Thomas R. 2005. Understanding Public Policy (ed. 7th).USA: Prentice Hall.

Grindle, Merilee S. 1997. Getting Good Government: Capacity Building in the Public Sectors of D e v e l o p i n g Countries. Boston: Harvard University Press.

Kurniawan, Teguh 2006. Pergeseran Paradigma Adminsitrasi Publik :

Dari Perilaku Model Klasik dan NPM ke Good Governance, Program Doktor Ilmu Adminsitrasi Negara S e k o lah Pascasarjana UGM : Komponen Tugas Mata Kuliah Good Governance.

Putra, Fadillah (2009) Senjakala Good Governance,Malang : Pustaka Avveroes

Pratikno (2005) Good Governance dan Governability, Jurnal Sosial Politik, Vol. 8 No. 3, Maret 2005 (231-248).

Rakhmat (2009) Teori Administrasi dan Manajemen Publik, Jakarta : Pustaka Arief.

Stoker, G., 1991. The Pol itics of Local Government, (2nd Edition), London: Mac Millan.

Wiratraman, RH Perdana (2007) Neo-Liberalisme, Good Governance, dan Hak Azasi Manusia, Jurnal JENTERA XV : Januari-Maret 2007 (1-14).

Wiratraman, RH Perdana (2007) Good Governance dan Mitos Ketatanegaraan Neo-Liberal, Jurnal BERSATU : Mei 2008 (1-11).




DOI: https://doi.org/10.26618/ojip.v1i1.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License

Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats